1.) Jelaskan Keuntungan dari Database Terdistribusi
jawab:
01. Banyak aplikasi database yang tersebar pada lokasi yang berbeda ( kota/cabang). Pemakai dapat mengakses data secara Lokal maupun global
02. Meningkatkan reliability dan availability. Bila data dan DBMS tersebar pada beberapa lokasi. Bila satu lokasi mengalami kerusakan pada data dan software, maka lokasi lain masih dapat melangsungkan prosesnya.
03. Mengijinkan data digunakan bersama-sama pada waktu pengontrolan data.
04. Meningkatkan performance. Karena database tersebar sedemikian rupa, pekerjaan dapat dibagi-bagi yang memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang optimal.
05. Otonomi lokal. Semua operasi pada suatu site diatur dan dikontrol oleh site itu sendiri. Walaupun data dapat diakses oleh remote site, pengoperasian seperti security, integrity dan representasi penyimpanan data lokal , dikontrol oleh site lokal.

2.) Jelaskan kelemahan dan kelebihan pendistribusian database dengan menggunakan replikasi dan dengan menggunakan partisi !
jawab :

# Kelebihan dari replikasi data :
01. Reliabilitas : Jika satu dari simpul yang relasi atau database gagal, maka duplikat dari file dapat ditemukan pada simpul lain.
02. Respons yang cepat : Setiap simpul mempunyai data yang lengkap, jadi pemrosesan dapat berjalan cepat, tanpa waktu penundaan.

* Kelemahan dari Replikasi Data :
01. Memerlukan tempat penyimpanan yang besar: Karena setiap simpul mempunyai duplikat database jadi memerlukan kapasitas penyimpanan yang memungkinkan.
02. Kompleksitas dan Biaya yang besar untuk updating : Pada saat data di- update setiap simpul harus di-update juga. Tentunya memerlukan biaya besar dan koordinasi yang rutin.

# Kelebihan dari Partisi :
01. Efisien : Data disimpan dekat ke mereka yang menggunakan dan terpisah dari data yang digunakan oleh pemakai atau aplikasi lain.
02. Optimisasi lokal : Data dapat disimpan untuk mengoptimisasi pengaksesan lokal.
03. Security : Data yang tidak relevan dengan simpul tersebut tidak diperlukan.

* Kelemahan dari Partisi :
01. Pengaksesan waktu tidak konsisten : Pada saat data dari beberapa partisi diperlukan , pengaksesan waktu dapat berbeda dengan pengaksesan data lokal.
02. Backup lemah : Karena data tidak diduplikat, bila salah satu simpul ingin mengambil data pada simpul lain dan kebetulan simpul tersebut tidak dapat diakses, maka data tidak akan dapat terambil. Karena tiap simpul tidak menyediakan back-up untuk data pada simpul lain.

3.) Jelaskan perbedaan antara distribusi Processor secara Vertikal dan secara horisontal
jawab:

Distribusi Processor secara Vertikal :
01. Processor dikontrol oleh processor yang lebih tinggi. Pada level yang lebih tinggi, processor mempunyai kemampuan lebih baik.
02. Tujuan dari distribusi ini adalah untuk mencapai keseimbangan antara kapasitas mesin dan respons dari sistem atau antara biaya dan performance.
03. Tugas dibagi berdasarkan prioritas dan keinginan user. Pekerjaan yang memerlukan respons yang cepat, dikerjakan pada level rendah. Pekerjaan yang mempunyai prioritas rendah, kalkulasi rumit dikerjakan pada level yang tinggi.

Distribusi Processor secara Horisontal :
01. Setiap processor di dalam network mempunyai tingkat pengontrolan yang sama. Kemampuan internal dari processor dapat berbeda.
02. Tujuan dari distribusi ini untuk menjamin effisiensi penggunaan seluruh kapasitas dari pemrosesan dengan pengaturan pemrosesan.
03. Jika satu processor sibuk, maka pekerjaan lain dapat dipindahkan ke processor lain yang menganggur yang paling dekat.