JAKARTA – Artis senior Ida Kusuma menghembuskan nafas terakhir di RS Puri Cinere Depok, Jawa Barat kemarin (25/11) malam sekitar pukul 20.30. Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Oma itu sedang menunggu giliran syuting Sinetron Cinta Fitri di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Public Relation MD Entertainment, Rudy mengungkapkan, sebelum dibawa ke RS Puri Cinere, Oma sedang istirahat di sebuah kamar yang letaknya masih dalam lokasi syuting. “Saat kru bangunin Oma sudah enggak bangun. Lalu kami bawa ke RS,” tutur Rudy saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Setibanya di RS, lanjut Rudy, pemilik nama lengkap Siti Endeh Ida Hendarsih Atmadi Kusumah itu masih sempat menjalani perawatan. “Tiga puluh menit di RS dokter memvonis beliau sudah meninggal,” jelasnya.

Rudy belum bisa memastikan penyebab kematian wanita kelahiran Jakarta, 31 Agustus 1939 itu. Kata dia, sejak vonis tersebut diungkapkan, pihak RS langsung mencari tahu penyebab kematiannya. “Saya belum tahu Oma meninggal karena penyakit jantung atau bukan,” ujarnya.

Sejak pukul 23.00 kemarin jenasah masih disemayamkan di RS Puri Cinere. Rudy mengaku belum mengetahui kapan dan dimana jenasah akan dimakankan. “Belum tahu mau dibawa ke rumah duka yang mana,” tuturnya.

Kata Rudy, semenjak diketahui Oma meninggal dunia, untuk sementara kru dan pemain menghentikan kegiatan syuting. “Berhenti total sih enggak, break sementara iya,” ucapnya.

Beberapa waktu kemudian, syuting tetap diteruskan. Kata Rudy, sebenarnya seluruh pemain dan kru ingin ikut berangkat ke RS. “Enggak semua berkumpul di RS, percuma karena pasti yang boleh masuk hanya sebagian,” jelasnya.

Salah seorang bintang Sinetron Cinta Fitri, Verlyta evelyn yang berada di lokasi syuting mengaku sangat sedih. Dia bersama beberapa pemain lainnya turut menyusul jenasah ke RS Puri Cinere.’Ini skg kami semua sedang di rumah sakit puri cinere. Di depan jenazah oma. Minta doanya ya,” ujar Verlyta saat dihubungi melalui ponselnya

TANGERANG – Karangan bunga ucapan turut berduka cita di rumah duka, Ida Kusuma (70), di Perumahan Mahkota Mas, Blok 6 No 7, Cikokol, Kota Tangerang terus berdatangan.

Karangan bunga pertama yang sampai berasal dari perusahaan televisi swasta diikuti oleh kerabat dan keluarga. Selain karangan bunga, tenda duka juga terpasang di halaman rumah. Begitupun dengan pelayat, tetangga, sanak keluarga dan saudara, serta para aktris juga terus berdatangan menyatakan rasa belasungkawanya kepada keluarga yang ditinggalkan.

Suasana duka, tampak menyeruak ke seisi rumah. Suara parau ayat-ayat suci Alquran terus dilantunkan di telinga jenazah aktris senior Indonesia itu. Berdasarkan pengamatan di lokasi, hingga pukul 04.00 WIB, sejumlah pelayat masih terus berdatangan hingga menjelang matahari bersinar.

Keluarga dan kerabat Ida, tampak sibuk melakukan persiapan pemandian jenazah di rumah duka, sebelum akhirnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan (Jaksel). Sementara kerabat dekat dan keluarga setia menunggu sampai dikebumikannya jenazah ke liang lahat. “Selesai salat Jumat, jenazah akan langsung dimakamkan di TPU Tanah Kusir,” ujar adik kandung Ida, Ido Kusumah, kepada Okezone, Jumat (26/11/2010).

Ida Kusumah meninggal dunia, Kamis malam, di lokasi syuting Cinta Fitri, Cinere, Jakarta Selatan, sekira pukul 20.30 WIB

sumber : okezone.com